Rabu, 02 Maret 2011

Potret Buram masa kini

Dalam menjalani kehidupan sebagai manusia harus mengetahui tentang 5M yakni, Mengetahui, Mengerti, Memahami, Menghayati, Mengamalkan. Apabila sudah tercapainya ke-5 hal tersebut tidak hanya bermanfaat untuk kita sendiri tetapi untuk orang lain.
Sebagai seorang sarjana diharapkan memiliki 3jenis kemampuan, yang pertama yaitu, kemampuan personal atau kemampuan kepribadian seorang sarjana hendakanya memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, tingkah laku, dan tindakkan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai agama, kemasyarakatan, dan kenegaraan. Kedua kemampuan akademik, kemampuan komunikasi ilmiah, lisan, dan tulisan berpikir logis, kritis. Ketiga kemampuan professional, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya. Sebagai seorang anak Indonesia baiknya mempunyai kepribadian Indonesia yaitu sadar akan kewajiban dan tanggung jawab etis moril dan politis terhadap kepentingan bangsa dan Negara yng ditampilkan dalam wujud keteladanan yang baik. Dengan sadar mentaati hukum dan UUD`45, memiliki disiplin pribadi serta disiplin social dan kesadaran nasional.
Mampu menilai ulang gagasan asing dan nilai-nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Perbedaan manusia barat dan timur cirri-ciri hidup manusi barat mempunyai sikap aktif, mereka aktor dari kehidupan dan terusberpetualang dalam hidupnya. Manusi timur nilai tertinggi dalam hidup datang dari dalam menerima keadaan, mengumpulkan pengalaman, mengintegrasikan diri dan waktu demi kesempurnaannya. Sedangkan persamaan manusi barat dan timur sama-sama menghadapai pertanyaan dasar tentang manusia dan mempunyai wawasan yang sama tentang dimana manusia dapat manemukan pemenuhannya.
Potret buram generasi saat ini, di Indonesia ada beberapa anak yang terbiasa mengkonsumsi jenis benda yang tidak dimiliki oleh anak yang lainnya seperti menghisap rokok, memakan obat nyamuk. tetapi orangtuanya seolah-olah membiarkannya tanpa berpikir panjang dampak kedepan apabila seorang anak mengkonsumsi hal tersebut.
Tawuran hampir setiap hari ditayangkan dibeberapa stasiun tivi, banyaknya remaja yang tertular dengan kebiasaan barat misalnya gaya hidup hura-hura, rakus, boros, cinta mode, pergaulan bebas, kebebasab yang salah arah yang lepas dari kendali aturan agama.
Adapun kebalikannya anak-anak yang tidak mampu sekolah muncul di jalan menjadi pengemis ada anak yang menjadi pelaku tindak kriminal, mereka melakukan hal seperti itu karena kebutuhan ekonomi yang terasa semakin meningkat tajam. Meningkatnya bunuh diri di kalangan anak-anak dan remaja karena tidak mampu menahan tekanan hidup. Itulah potret sebagian remaja saat ini.
Adapun potret remaja pada masa rasulluloh menjadi penggerak dan pengikut dakwah islam contohnya,Ali bin AbiThalib di usia 8tahun. Kondisi pendidikan Indonesia kini : Arah pendidikan kurang jelas, Pendidikan sbg barang mahal Pendidikan tdk merata Kurang penghargaan terhadap guru/dosen Kualitas dan kuantitas guru/dosen kurang Pendidikan kepribadian kurang mendapat perhatian seriusMencetak tukang
• Kondisi masyarakat Indonesia kini : Egois Individualistis,
Meterialistis Sekuler Hedonis Krisis akhlak Agama sbg simbol
• Karakteristik masyarakat madani (VISI INDONESIA 2020)
Masyarakat yang :
Religius Demokrasi Kepastian hokum Egalitarian,
Penghargaan terhadap “human dignity” Kemajuan budaya dan bangsa dalam satu kesatuan
• HOMOHUMANUS
• Manusia :
• Berbudaya :
• Halus :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar